Memahami dan Cara Mengatasi Troubleshooting DHCP Server pada Debian

Posted by Unknown on 07.04 with 1 comment
   Troubleshooting DHCP Server pada Debian
 SOHRY_ALFIAN STMIKMJ_14.3.0011





     Bagi anak Teknik komputer dan jaringan atau sering di sebut dengan (TKJ) belajar debian itu membuat kepala jadi pusing karena sangat rumit dan apabila salah dalam menuliskan kalimat maka perintah yang di keluarkan tidak berfungsi atau tidak bisa di jalankan makanya banyak anak TKJ yang tidak suka belajar debian tapi bagi orang yang ingin belajar akan lebih penasaran terhadap pelajaran ini. Troubleshooting DHCP Server pada Debian. 
Keberadaan server DHCP dalam suatu perusahaan atau instansi sangat berguna, karena dapat dengan mudah membantu orang-orang didalamnya untuk terhubung ke berbagai sumber daya di jaringan tanpa perlu pengetahuan mendalam tentang jaringan komputer. Dengan kemudahan ini ketergantungan terhadap layanan ini akan semakin besar. Apabila terdapat masalah pada server DHCP hendaknyalah dapat diselesaikan secepat mungkin sehingga transaksi yang dilakukan melalui jaringan dapat segera terselesaikan.Troubleshooting DHCP Server pada Debian. 
Pada pertemuan kali ini akan dibahas mengenai beberapa teknik yang dapat digunakan untuk melakukan perbaikan pada server DHCP yang bermasalah. Nah kami akan memberikan troubleshooting terhadap permasalahan DHCP server pada Debian yuk mari di simak.

Troubleshooting DHCP Server pada Debian

     Pada saat Menginstall dan Konfigurasi Paket debian pasti sering mengalami masalah termasuk DHCP-SERVER maka itu saya akan membagikan Cara Mengatasi Masalah DHCP Server Pada Debian berikut penjelasannya.

1.kesalahan dalam Memasukkan IP server DHCP server 
     Kasus ini cukup sering ditemui dalam jaringan dengan server DHCP. Misalnya, apabila rentang alamat IP yang ditentukan dalam konfigurasi server DHCP adalah dari 192.168.1.1 hingga 192.168.1.100, maka setiap komputer klien yang terhubung ke jaringan ini akan mendapatkan IP secara otomatis dalam rentang tersebut. Namun, ada suatu saat satu atau dua komputer yang mendapati IP yang berbeda seperti 169.254.X.X setelah melihat konfigurasi IP nya melalui ipconfig, untuk windows, atau ifconfig, untuk klien Linux. inilah yang sering terjadi pada saat melakukan instalasi DHCP-server. 
Cara Mengatasinya : 
     Apabila dalam satu jaringan jika ada komputer klien yang mendapati IP berbeda dari rentang alamat DHCP, maka dapat dipastikan bahwa pemberian alamat tersebut bukan berasal dari server DHCP. Alamat tersebut diberikan oleh layanan APIPA (Automatic Private IP Addressing) di komputer klien.
Ada dua kemungkinan permasalahan yakni pada komputer client dan pada server DHCP itu sendiri. bisa dikatakan permasalahan dalam kabel yang digunakan untuk terhubung ke jaringan.

2. PERMASALAHAN UMUM DHCP-SERVER 
     Apabila hampir semua komputer klien kesulitan untuk mendapat alamat IP, boleh jadi permasalahan ada pada server DHCP. Apabila demikian perbaikannya dapat dimulai dengan melakukan tes status koneksi server DHCP ke jaringan menggunakan ping. Pastikan terlebih dahulu kalau alamat IP server DHCP sesuai dengan subnet yang digunakan saat ini, misalnya jika subnet yang digunakan saat ini adalah 192.168.1.1/24 maka alamat IP server seharusnya berada pada rentang IP dari 192.168.1.100 hingga 192.168.0.254.Selain itu pastikan konfigurasi server DHCP telah sesuai terutama pada rentang alamat IP yang disewakan ke klien. Rentangnya juga harus berada pada subnet yang sama di jaringan tersebut.

3. DUPLIKASI (KONFLIK) ALAMAT IP KLIEN 
     Walaupun langka namun kejadian juga dapat terjadi, dimana ada lebih dari satu komputer memiliki alamat IP yang sama dalam satu jaringan. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya klien yang menggunakan alamat statis dan dapat juga karena keberadaan server DHCP lain yang memiliki rentang alamat IP saling beririsan.

     Mungkin penjelasan ini dapat membuat anda lebih memahami permasalahan dalam DHCP-SERVER dan membuat anda lebih semangat belajar Debian. Troubleshooting DHCP server pada Debian ini harap benar-benar di perhatikan dengan baik-baik. Sebab konfigurasi DHCP akan memiliki permasalahan yang paling banyak terjadi. Itulah Troubleshooting DHCP Server pada Debian